Pencetakan awan – dasar dan manfaat dari teknologi terbaru ini

Sebelum kita membaca tentang cloud printing, penting bagi kita untuk mengetahui secara pasti apa itu cloud computing. Teknologi komputasi awan memungkinkan penggunanya untuk bekerja secara mandiri pada sumber daya komputasi yang tersedia atau yang dapat diakses dari lokasi tertentu atau dari perangkat tertentu. Sumber daya komputer dari lokasi pusat menyediakan akses ke komputer jarak jauh di lokasi yang berbeda menggunakan konektivitas Internet. Layanan seperti Google, Apple dan Microsoft menyediakan sumber daya pusat untuk menyimpan data pengguna mereka yang dapat diakses melalui perangkat apa pun yang terhubung ke internet. Oleh karena itu, komputasi awan membantu pengguna untuk mengakses data mereka dari mana saja kapan saja.

Pencetakan awan mengikuti konsep yang sama dan memungkinkan pencetakan web. Jika komputer atau perangkat lain memiliki akses ke Internet, itu dapat mengirim pekerjaan cetak ke printer, terlepas dari lokasi printer. Keuntungan dari pencetakan awan adalah menghilangkan kebutuhan untuk menginstal driver cetak atau memeriksa kompatibilitas perangkat dengan printer. Cloud telah dengan mudah menginstal driver yang diperlukan untuk semua printer yang terhubung ke cloud. Printer berkemampuan cloud dapat terhubung langsung ke Internet tanpa memerlukan pengaturan khusus dari PC.

Untuk mengaktifkan pencetakan awan, pengguna harus mendaftarkan printer untuk memanfaatkan layanan ini yang memungkinkan server di ujung penyedia layanan mengirim pekerjaan cetak langsung ke printer. Dimungkinkan juga untuk membuat printer klasik siap untuk printer cloud, dengan menghubungkannya ke komputer yang terhubung ke Internet di mana konektor perangkat lunak sudah diinstal. Konektor perangkat lunak inilah yang membantu printer berkomunikasi dengan cloud. Penyedia layanan cloud dan produsen printer berkemampuan cloud di industri percetakan.

Penyedia cloud print memelihara beberapa server atau sumber daya untuk mengarahkan permintaan cetak akhir pengguna ke printer yang mendukung pencetakan. Permintaan dapat diteruskan ke printer segera oleh penyedia layanan atau tergantung pada preferensi pengguna. “Google Cloud Print”, “HP Mag Cloud”, “eprint” dan “PrintMe” Xerox dari Xerox, sistem DTP, dan lainnya adalah beberapa pemain utama di bidang penyedia layanan cloud print.

Pencetakan awan menjadi semakin ramah pengguna dari hari ke hari dengan penyedia layanan yang menawarkan opsi seperti mengunggah atau mengirimkan konten ke ID email (disediakan oleh “PrintMe”) di mana pengguna dapat memasukkan “PrintMe” untuk mencetak konten yang dikirim melalui email. Fasilitas lain yang disediakan oleh “Google Print” adalah layanan pencetakan ekstensi chrome dengan akun Google untuk printer klasik dan cloud-enabled.

Pengguna memiliki keuntungan memiliki salinan cetak tanpa bergantung pada perangkat penyimpanan data apa pun, mengkhawatirkan driver printer yang tersedia dan kompatibilitas sistem operasi, atau bahkan tanpa harus menghidupkan PC mereka. Pengguna juga dapat memiliki versi cetak dari konten yang diminta dan pedagang dapat memasarkan konten mereka tanpa bergantung pada infrastruktur pencetakan yang terpasang di situs mereka. Keramahan lingkungan dan pengurangan drastis limbah kertas cetak adalah keuntungan lain dari pencetakan awan.