Augmented Reality – Informasi yang berguna untuk diketahui

Pada dasarnya, augmented reality dapat dianggap sebagai jenis realitas virtual modern. Ketika aspek fisik dari dunia nyata disimulasikan dengan ide-ide imajinatif menggunakan sentuhan, penglihatan dan suara untuk membuat pengaturan yang dihasilkan komputer 3D, ini dikenal sebagai dunia virtual. Bayangkan Anda berada di sebuah toko dan Anda melihat produk yang menggunakan sistem 3D di layar komputer di mana Anda dapat mengarahkan dan memindahkan produk apa pun di setiap sudut. Ini adalah pengalaman yang benar-benar hebat! Ini adalah teknologi terbaru yang menguasai dunia pemasaran, dan selama empat tahun terakhir disebut sebagai obat yang disempurnakan. Saat ini, augmented reality bukan hanya sebagai alat promosi, tetapi sekarang menciptakan merek dan membangun hubungan dengan pelanggan. Hampir setiap perusahaan sudah mulai menggunakan augmented reality sebagai alat utama untuk memperkenalkan produk/jasa di pasar dan menciptakan citra merek mereka sendiri.

Karena kurangnya literatur akademik serta studi penelitian di bidang pemasaran augmented reality, artikel ini akan dimulai dengan fokus pada sedikit penelitian serta beberapa makalah penelitian terkait dengan experiential marketing yang menjadi dasar dan elemen penelitian ini. belajar. Para ekonom berasumsi bahwa dunia modern sangat mengasosiasikan dirinya dengan unsur-unsur “ekonomi pengalaman”, yang berarti bahwa pelanggan lebih condong ke konsumsi pengalaman. Dalam jenis perilaku ini, pelanggan biasanya menganggap utilitas fungsional sebagai aspek yang tidak relevan. Ini adalah tahap di mana pemasaran pengalaman berperan dan menangani konsumsi sebagai semacam pengalaman holistik serta mengenal motif rasional dan emosional untuk konsumsi.

Pentingnya experiential marketing dipandang sebagai cara untuk membangun nilai bagi konsumen akhir, yang pada gilirannya akan memberikan keuntungan tambahan bagi perusahaan, terutama di masa depan. Selain itu, juga akan mendorong konsumen untuk mengambil keputusan pembelian yang lebih cepat dan optimis. Namun, meskipun arah periklanan baru diterima secara luas sebagai simbol masa depan pemasaran, itu masih belum sepenuhnya dipahami. Karena itu, mereka membutuhkan berbagai teknik penelitian untuk lebih memahami konsumen.

Dua penelitian kuantitatif baru-baru ini telah menunjukkan pembuatan nilai empiris yang mengacu pada pandangan konsumen terhadap layanan/produk melalui pemeriksaan langsung atau tidak langsung. Kedua studi berfokus pada merek AS dan perspektif konsumen di pasar Taiwan. Selain itu, penelitian ini telah menunjukkan bahwa pembangunan nilai pengalaman dapat menarik kepuasan konsumen, namun, lebih banyak penelitian diperlukan untuk mereproduksi temuan mereka pada budaya lain juga. Perlu juga untuk meneliti lebih jauh kaitan-kaitan yang telah terungkap melalui penelitian kualitatif. Hubungan antara kepuasan konsumen dan nilai-nilai juga didukung oleh berbagai temuan penelitian yang menunjukkan bahwa pengalaman periklanan harus menawarkan nilai fungsional, nilai emosional dan kepuasan konsumen yang positif juga.

Meskipun ada kesepakatan yang jelas dan luas tentang hubungan langsung antara kepuasan dan nilai konsumen, tidak ada konsensus mengenai elemen-elemen yang membangun nilai yang dirasakan konsumen. Di sisi lain, jika konsumen puas dengan produk tertentu, mereka biasanya membeli produk itu lagi dan menghindari membeli dari pesaing di pasar. Kepuasan konsumen sebagian besar dilihat dari dua sudut pandang yang berbeda, yaitu – aspek kumulatif dan transaksi pribadi. Meskipun aspek kumulatif dari kepuasan konsumen diyakini sebagai kondisi yang lengkap hanya setelah pembelian, nilai yang diakui terjadi pada berbagai tahap selama proses pembelian, yang juga mencakup tahap pra-pembelian.

Augmented reality adalah versi modern dari virtual reality atau realitas virtual. Ada banyak manfaat dari aplikasi augmented reality, antara lain sebagai berikut:

• Meskipun keaslian aplikasi ini berkurang setelah banyak digunakan, untuk saat ini tanggung jawab ada pada merek karena mereka sekarang dapat memanfaatkan teknologi ini dan dengan mudah membuat lebih banyak produk. Augmented reality semakin populer di banyak perusahaan, dengan setiap kreasi baru ada potensi untuk kemajuan dan tampilan lebih lanjut.

• Menggunakan Augmented Reality, seseorang dapat mengunggah salinan media mereka seperti foto atau kreativitas lainnya. Perusahaan dapat membuat karya inovatif mereka sendiri untuk penggunanya dan seseorang dapat memilih dari foto dan video karena menyertakan x factor.

• Perusahaan dapat meningkatkan kreasi dan berbagi mereka dengan jaringan. Seseorang bahkan dapat memasukkan konten yang menarik.

• Adalah umum bahwa banyak pengguna tidak memiliki kemampuan untuk membuat video profesional. Tetapi dengan aplikasi augmented reality, seseorang dapat mencapai tingkat yang lebih besar.

• Dalam hal kualitas konten dan aspek lainnya, aplikasi ini sangat memuaskan. Seseorang perlu mencobanya untuk mengetahui kegunaan dan potensi produknya.

Pemasaran Eksperimental AR akan dianggap sebagai yang paling memengaruhi tahap pra-pembelian. Dalam langkah ini, menurut jalur keputusan pembelian, pelanggan menganalisis pilihan mereka sebelum membuat keputusan akhir. Pelanggan dapat menelusuri berbagai macam produk sebelum membeli termasuk yang sudah habis. Mereka memiliki pilihan untuk memilih dari sebagian besar. Kiat, rekomendasi, dan inspirasi selalu tersedia untuk klien.